1.
SEL.07.2-T1-6. Koneksi Antar Materi
Pengetahuan baru yang saya dapatkan dengan mempelajari
topik ini adalah saya mengetahui konsep tentang pembelajaran berdiferensiasi itu
sendiri sehingga membuat saya lebih sadar akan perbedaan setiap individu murid.
Tidak hanya itu saya juga mengetahui landasan teori pada pembelajaran
berdiferensiasi yaitu : Teori sistem ekologi menjelaskan tentang perkembangan
individu dalam interaksi diluar dirinya yang mempengaruhi aspek perkembangannya.
Lalu ada Teori multiple Intelligences, pada teori ini kita dapat mengetahui
bahwa seseorang memiliki kemampuan memecahkan masalah di situasi yang bermacam-macam
dan diteori ini kita juga dapat mengetahui bahwa setiap orang memiliki delapan
jenis kecerdasan dalam tingkat yang berbeda-beda. Kemudian ada Zone of Proximal
Development (ZPD), yang dimana kita dapat mengetahui bahwa terdapat dua level
kemampuan setiap individu yaitu tingkat perkembangan aktuan dan tingkat
perkembangan potensial. Dan yang terakhir ada Teori Learning Modalities atau
yang biasa dikenal dengan VAK (Visual, Auditori & Kinestetik) dimana setiap
individu memiliki tipe belajarnya yang berbeda-beda.
Pengetahuan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini
dapat memberikan pandangan kepada saya tentang penerapan dikelas agar sesuai
dengan kebutuhan peserta didik sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh
peserta didik. Yang dimana pada Pembelajaran Berdiferensiasi ini saya harus
melakukan langkah awal yaitu asesmen diagnostik baik tertulis maupun tidak
tertulis agar saya dapat mengetahui karakteristik dan kemampuan peserta didik. Dengan
modal ini saya dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya dan
memberikan ruang kolaborasi dan eksplorasi serta melakukan evalusai terhadap
perkembangan peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar