Kamis, 28 Desember 2023

KONEKSI ANTAR MATERI – TOPIK 1 – PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI - PPG PRAJABATAN

 

Gambar : https://tenrycolle.com/universitas/infographic/pembelajaran-berdiferensiasi-mengakomodir-keragaman-peserta-didik/

1.       

SEL.07.2-T1-6. Koneksi Antar Materi


 1. Pengetahuan baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari topik ini?

Pengetahuan baru yang saya dapatkan dengan mempelajari topik ini adalah saya mengetahui konsep tentang pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri sehingga membuat saya lebih sadar akan perbedaan setiap individu murid. Tidak hanya itu saya juga mengetahui landasan teori pada pembelajaran berdiferensiasi yaitu : Teori sistem ekologi menjelaskan tentang perkembangan individu dalam interaksi diluar dirinya yang mempengaruhi aspek perkembangannya. Lalu ada Teori multiple Intelligences, pada teori ini kita dapat mengetahui bahwa seseorang memiliki kemampuan memecahkan masalah di situasi yang bermacam-macam dan diteori ini kita juga dapat mengetahui bahwa setiap orang memiliki delapan jenis kecerdasan dalam tingkat yang berbeda-beda. Kemudian ada Zone of Proximal Development (ZPD), yang dimana kita dapat mengetahui bahwa terdapat dua level kemampuan setiap individu yaitu tingkat perkembangan aktuan dan tingkat perkembangan potensial. Dan yang terakhir ada Teori Learning Modalities atau yang biasa dikenal dengan VAK (Visual, Auditori & Kinestetik) dimana setiap individu memiliki tipe belajarnya yang berbeda-beda.

 

 

 2. Bagaimana pengetahuan baru tersebut berkontribusi terhadap pemahaman tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

Pengetahuan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini dapat memberikan pandangan kepada saya tentang penerapan dikelas agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peserta didik. Yang dimana pada Pembelajaran Berdiferensiasi ini saya harus melakukan langkah awal yaitu asesmen diagnostik baik tertulis maupun tidak tertulis agar saya dapat mengetahui karakteristik dan kemampuan peserta didik. Dengan modal ini saya dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya dan memberikan ruang kolaborasi dan eksplorasi serta melakukan evalusai terhadap perkembangan peserta didik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOPIK 3 MULAI DIRI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA

  Nama                     : Rizka Setya Rini NIM                        : 06194882326010 Mata Kuliah         : Filosofi Pendidikan I...